Monday, August 14, 2006

the story of NY continue

Hi temans,
cuma mau ngelanjutin cerita dari NY & apa aja yg uda gw dapet. plus ada beberapa photo di sana...

mungkin gw perlu ngasi tau lagi klo di NY itu gw ikut semacam leadership conference. 20 negara ikut dalam conference ini. total peserta 50 orang termasuk gw.
negara2 dari Asia itu: Jepang, China, Hong Kong, India, dan Indonesia. ini pertama kalinya Indonesia ikut dalam conference ini.







yg gw dapet:
1. Memotivasi gw menjadi orang yang lebih baik secara Profesional dan Personal
--> gw ketemu 49 orang hebat dari seluruh dunia yang prestasi Akademik maupun Non-Akademik-nya ga usah ditanya segimana bagusnya. kalo liat profile-nya mereka, beh! baca achievements-nya bikin pegel mata. itu yang memotivasi gw secara profesional: mereka aja bisa, kenapa gw engga!!?
bukan hanya masalah profile mereka aja yang hebat2. selama gw berinteraksi dgn mereka, banyak pribadi2 unik yg gw temuin yg dimana gw bisa belajar dari mereka ttg pribadi mereka yang unik itu.
for example: temen gw dari Jerman, namanya Philipp. Dia itu orangnya yang apa adanya, jujur banget. apa yang dia rasa, apa yang dia liat, pasti bakal dia omongin. sometime dia juga ngakuin kalo kebiasaan itu jelek, cuma menurut gw it's pretty fine as long as loe tau gimana cara nempatinnya. yg gw pelajarin: gw ini bukan orang yg ky temen gw, Philipp, yg bisa ngomong apa adanya. sometime gw bilang ke orang "hal2 yg baik" supaya enak didenger. gw udah nyadar ini bukan good habit. nah, dari temen gw, Philipp, gw belajar.


another example: she's from Australia, Georgina. dia itu orangnya pendiem banget, santun banget (jarang gw nemuin orang bule yang santun), well-behaved, ga pecicilan. cuma klo udah ngajuin pertanyaan (misalnya ke panelis waktu diskusi), pertanyaan tu bisa dalem banget!! ternyata di balik sifat pendiem-nya itu, ada "emas"-nya juga...
dari dia gw belajar, utk jadi orang yg hebat, gw perlu nampilin klo kita hebat. gw cuma ngeliat gelagat anak sekarang (cie... anak sekarang) yang *asumsi gw* lebih mentingin gaya dibandingin daripada "isi"-nya






2.Temen2 yg tersebar di seluruh bagian di Dunia (bisa dibilang networking juga..)
--> seneng bisa punya temen dari seluruh dunia, bisa keep in touch sama mereka, belajar budaya & memperbesar toleransi karena JELAS budaya kita ga ada yang sama!
yang bikin gw seneng: mereka tau gw Islam & mereka respect banget sm restriction yg Islam punya, such as: waktu solat, ga boleh minum Alkohol, dll






3. Belajar nilai2 Leadership
banyak banget nilai2 leadership yg gw dapet, contohnya:
a. "Don't give up HOPE! Coz HOPE is the last one you will have when you at the bottom level of your desperateness" -- dapet dari Ex-Duta USA untuk PBB
b. "Leader itu bukan seorang yang selalu menang. Kadang leader harus kalah di beberapa poin supaya dia bisa reach tujuan akhirnya" -- dapet dari salah satu pemimpin-nya Goldman Sach
c. Jadi seorang leader harus peka sama lingkunga sekitarnya, meskipun itu hanya hal yang kecil -- apa yang gw dapet setelah gw mengikuti beberapa discussions





Di sana gw tinggal di dormitory untuk 1st year-nya mahasiswa NYU (New York University). Gw tinggal sekamar sama orang Swedia, China, & Afrika Selatan.
Foto gw sama temen sekamar gw dari Swedia :






>>> Pelajaran dari temen Jepang gw
di salah satu hari, gw diskusi sama temen dari Jepang, Yujiro, dan Leon (anak Indo juga, FEUI) di dalem bis di perjalanan pulang menuju Dorm.
Yujiro bilang: "Kalian tau ga kenapa orang2 (maksudnya, orang2 yang mau bisnis) lebih prefer Vietnam dibandingin Indonesia?"
trus gw jawab *mungkin* orang Indonesia ga se-ulet & se-rajin orang Vietnam.
Yujiro bilang betul!
Etos kerja orang Indonesia ga sebagus etos kerja orang Vietnam. Dia bilang orang Indonesia lebih males dibandingin orang Vietnam. trus, budaya korupsinya kuat.
Temen gw ini uda berpengalaman dengan orang Indonesia karena dia pernah backpackers ke Indonesia waktu dia umur 15 (dia ke Surabaya). waktu itu dia pernah nyuap petugas bea cukai pake uang Dollar (dasar Yujiro....)

oh ya!
di sana juga ada GIFT ExCHANGE. gw kebetulan dapet chance sama orang Brazil, namanya Francisco Carvalheira Neto. Dia ngasi gw CD lagu Samba + DVD penyanyi Brazil kesukaan dia. gw ngasi dia Wayang. dia excited banget gw kasi wayang! (yippeee........)





Di sela2 "hari kerja", kita ada kunjungan ke Gedung PBB. akhirnya bisa masuk sampe dalem gedung PBB & NGELIAT LANGSUNG ruang rapat yg dimana seluruh negara ikutan rapat. waktu Lunch di gedung PBB, ternyata tiap negara peserta conference ini dihadirkan "bintang tamu", yaitu Duta Besar dari negara masing2. Amaze juga uda lama ga ketemu orang Indo di NY... waktu ngomong sama Dubes Indo-nya, bahasa Indonesia gw uda aneh krn tiap hari di-'force' untuk speak in English!





Di malam terakhir conference, kita ngadain Farewell. ada beberapa peserta yg pake kostum adat termasuk gw (gw pake kebaya). temen gw dari China pake baju China, yg Jepang pake Kimono, trus yang dari Spanyol make *namanya apa ya....?* pokoknya yang buat nari itu deh.. ini fotonya:





Trus setelah 6 hari ada di dalam conference, baru deh gw punya waktu 3 hari buat berjalan di kota NY. tempat yang gw jalan2in:

1. Statue of Liberty (pastinya...)
ga sah kalo ke NY blum liat Liberty. mau cerita, Liberty ini terletak di pulau kecil di luar Manhattan. jadi mesti naik kapal dulu... nah, klo uda nyampe di pulau ini, kota New York (Manhattan) bakal keliatan bagus banget!!! ini fotonya:






2.MTV TRL (Total Request Live) !!!
akhirnya gw tau juga dimana studio-nya MTV TRL. studionya terletak di kawasan Times Square, salah satu kawasan NY yang paling rame (apalagi kalo malem)





3. Central Park
ini ni TAMAN yang GUEEEEEEEEEEEEEDE banget yang ada di tengah2 kota NY. jangan kira gueeeeeeedee nya gede biasa. di dalemnya ya, ada Museum, Zoo, Taman Bermain, Danau, trek Jogging, Bukit, macem2 isinya ni taman!






4. Empire State Building
sebenernya gw ga naik sampe ke atas gedung tertinggi ini karena wktu itu lg ujan (kalo gw naik gw bisa kesamber petir kali ya...)





sebagai gantinya, gw naik ke Rockefeller Centre, gedung ke-2 tertinggi setelah Empire State Building. keren banget pemandangannya! bisa ngeliat seluruh kota NY! dan bisa ngeliat gimana "bentuk"nya Empire State Building. coba kalo gw naik Empire State, gw pasti ga tau gimana bentuk Empire State dari gedung lain

5. Restoran Padang "UPI Jaya"
ini dia restoran padang yang ada di NY. kalo mau makan di sini, cukup untuk ngobatin rasa kangen sama Indonesia (ps: Jangan liat harganya). coz 1 porsi gule ayam aja, klo dikurs, bisa sama dengan Rp 70,000 !!!





5. Apple Store
ni toko pasti isinya produk Apple. pas di depan Central Park. tokonya itu ternyata di bawah tanah. jadi dari luar bukan ky gedung gitu, cuma gelas kaca berbentuk kotak. tapi ternyata di tengah gelas kaca berbentuk kotak it ada lift & tangga untuk menuju ke lantai bawah.
ini dia gambarnya:







6. gw ke 2 museum: Metropolitan Museum (MoMMA kalo ga salah namanya...). satu lagi ke Modern Art Museum

7. naek Limousin....................!!!!!!!!!!!
Ini pertama kalinya dalam seumur hidup gw, gw naek Limo. gw patungan sama temen2 gw, bayar $5 masing2, supaya bisa naek Limo.
asik juga ngeliatin orang di jalan yang mandangin mobil Limo yg gw naikin, hehehehehehe......





Intinya:
It's a life time experience yang ga mungkin gw lupain seumur idup!
Cara pandang gw berubah terhadap seseorang, cara bersikap gw berubah dalam menyikapi sesuatu, & menyadarkan gw untuk lebih peka dgn lingkungan sekitar.
Thanks GOD! Thanks ALLAH!






Cheers,
Mika

4 comments:

adhidaz said...

huaaaaa... asik banget... ><

salut buat loe mika.. sukses deh kelak jadi pemimpin yang handal dan bisa berguna bagi org banyak dan mengubah moral setidaknya org sekitar loe :D

Mika Halpin said...

terima kasih adhita.
btw, kapan diwisuda???

Gopesh Mittal said...

helloooooooooooo mika ,
so nice to meet you again ....how have been you doing ...i really miss every moment of the fun we had in NY ....our group was amazing

So are you in australia right now...i am in India completing my graduation ...my degree is still an year and a half away....

my yahoo id is gopeshmittal2004@yahoo.co.in. do mail me back
Cheers
Gopesh
India

friska said...

Hai, mbak Mika, ikutan Hitachi Young Leadership ya?
I'm just curious